Pengalaman Mengikuti Kegiatan VCT Batch 4 Sumatera – VCI 83.9 KEPRI


Assalamualaikum Wr. Wb.

Salam Bapak/Ibu Hebat.

Salam pendidikan berkemajuan. Alhamdulillah, pada postingan kali ini saya akan berbagi pengalaman mengikuti kegiatan yang diadakan oleh SEAMEO (South East Asia Minister of Edication Organization) Virtual Coordinator Training (VCT) Batch 4 Zona Sumatera – VCI 83.9 Kepulauan Riau, yang telah saya ikuti beberapa waktu yang lalu sekitar bulan Mei-Juni 2019.

Bapak/Ibu Hebat. Sebelum saya membagi pengalaman lebih lanjut, ijinkan saya untuk sedikit membahas tentang VCT yang diadakan oleh SEAMEO.

Apakah SEAMEO itu?

Apa itu SEAMEO ? SEAMEO atau The Southeast Asian Ministers of Education Organization (Organisasi Menteri Pendidikan Asia Tenggara) adalah organisasi antar pemerintah regional yang didirikan pada tahun 1965 di antara pemerintah negara-negara Asia Tenggara untuk mempromosikan kerja sama regional dalam pendidikan, ilmu pengetahuan dan budaya di wilayah tersebut. Sebagai sebuah organisasi yang terus mengembangkan kapasitas manusia dan mengeksplorasi potensi masyarakat sepenuhnya, SEAMEO mempertahankan pekerjaan dan aspirasi untuk pembangunan bersama masyarakat di wilayah ini untuk membuat kehidupan yang lebih baik dalam kualitas dan kesetaraan dalam pendidikan, pendidikan kesehatan preventif, budaya dan tradisi, teknologi informasi dan komunikasi, bahasa, pengentasan kemiskinan dan pertanian serta sumber daya alam. Pembuat kebijakan tertinggi pada organisasi ini adalah SEAMEO Council, yang merupakan menteri pendidikan dari 11 negara Asia Tenggara, yaitu Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Timor Leste, dan Vietnam. Sekretariat SEAMEO terletak di Bangkok, Thailand.

SEAMEO yang di Indonesia bernama SEAMOLEC (SEAMEO Regional Open Learning Centre) yang ada di bawah Kementerian Pendidikan Nasional. SEAMOLEC banyak membuka pelatihan yang sangat berguna bagi guru, pemerhati pendidikan atau semua orang yang ingin etrus berkembang lebih baik dalam memanfaatkan perkembangan teknologi. Salah satunya yang telah saya ikuti dalam kegiatan Virtual Coordinator Indonesia (VCI) Batch 4 wilayah Kepulauan Riau VCI 83.9.  Kegiatan ini merupakan perdana yang saya ikuti, walaupun sebenarnya sudah lama mendengar nama SEAMEO. Yang menarik disini adalah setelah mengikuti kegiatan ini, peserta akan mendapat sertifikat bertaraf internasional yang sangat berguna dalam kenaikan pangkat bagi ASN. Bagi saya itu penting, siapa sih yang tidak ingin dapat sertifikat bertaraf internasional, namun yang jauh lebih penting adalah mendapat pengalaman dan ilmu baru.

Apakah VCT itu ?

Ringkasnya Virtual Coordinator Training (VCT) adalah Pelatihan secara daring (dalam jaringan) yang diadakan oleh SEAMEO untuk mempersiapkan guru utuk menghadapi tantangan di era Revolusi Industri 4.0 saat ini.

Lantas ? Bagaimana Pengalaman saya.

Hal pertama dalam pengalaman saya ketika akan mengikuti pelatihan ini awalnya agak bingung, “Bagaimana model pelatihan online ini dengan mengunakan aplikasi webex…?” begitu yang terlintas dibenak saya, namun setelah diikuti dan dibantu oleh para instruktur kemudian masuk group WA mulailah memahami pola kerjanya, sehingga saya mulai bisa mengikuti dengan baik. Ini adalah pengalaman-pengalaman yang belum pernah saya alami sebelumnya, karena menggunakan platform Aplikasi Webex. Sebelumnya, saya pernah mengikuti pelatihan berbasis online daring PEMBATIK Rumah Belajar namun, kegiatan ini tidak mengunakan platform Webex.  Sehingga saat itu apliaksi webex bagi saya masih asing.

Awalnya, Pendaftaran dilakukan secara online, menggunakan form yang telah dibuat oleh panitia, kemudian saya masuk grup kecil VCT Batch 4 Zona Sumatera VCI 83.9 Wilayah Kepulauan Riau dengan instruktur yang sangat baik hati yaitu Bapak Said dan Kordinator Instruktur Bapak Sumadi.

Sejauh yang saya fahami dan mengikuti, pelatihan ini sangat menyenangkan dan bertujuan agar guru melek teknologi di era Revolusi Industri 4.0 dan mampu terlibat dalam pelatihan guru berbasis online yang sangat membantu dalam peningkatan profesionalitas, adapun kegiatan pelatihan ini saya sebagai peserta di beri tugas sebagai:

  1. Narasumber (Presenter)
  2. Moderator
  3. Host

Ketiga peran diatas harus dijalani oleh peserta pelatihan masing-masing sebanyak 2 kali. Sebelum memerankan ketiga peran diatas, kita diberikan materi-materi yang sangat menarik oleh para instruktur yang luar biasa. Misalnya, cara menggunakan aplikasi webex dengan membuat room metting, membuat absensi online, membuat Flyer (pamplet), membuat narasi kegiatan, dan masih banyak lainya. Dan semua kegiatan ini dilakukan secara Online melalui platform WEBEX.

Ketika saya akan menyelesaikan penugasan  awalnya saya merasa canggung juga, dengan aplikasi WEBEX  kita harus menjadi 3 pemeran di atas, pengalaman Live Streaming ini menjadi sesuatu yang sangat menarik bagi saya.  Alhamdulillah, dengan usaha keras, sabar, dan bimbingan dari instruktur akhirnya Kesampaian juga  saya menyelesaikan jadi Presenter, Host dan Moderator. Alhamdulillah juga saya dapat LULUS dari kegiatan Pelatihan ini dan mendapatkan Sertifikat yang Bertaraf Internasional.

Demikian sedikit cerita pengalaman saya mengikuti VCT Batch 4 Zona Sumatera VCI 83.9 Wilayah Kepulauan Riau, untuk lebih mengenalnya mari kita gabung saja dengan kegiatan ini pada VCT Batch 5 yang segera akan dilaksanakan. Mari Bergabung, Karena Banyak ilmu yang akan di dapatkan dan tentunya sangat menyenangkan.

Salam Bapak/Ibu Hebat.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Ini Hasil Video Tugas VCT saya, monggo  di akses di Youtube Chanel Wong Kene Bae:

Atau Klik dibawah ini :

  1. Cara Membuat Blog Gratis dengan Platform Blogger
  2. Cara Mengubah File ke PDF secara Online  
Categories: artikel, informasi, Uncategorized | Tag: , , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

%d blogger menyukai ini: